Tiga tahun lalu, saya diberikan mandat oleh Munas VII Ikastara untuk menjadi Ketua Umum Ikastara periode 2014-2017.

Sebelum mencalonkan diri menjadi Ketua Umum Ikastara, saya sesungguhnya sempat dihinggapi keraguan. Sejak lulus SMA TN, saya adalah seorang anggota biasa Ikastara yang bahkan bisa disebut sebagai “passive member”.

Tanggung jawab dalam pekerjaan dan keluarga membuat waktu untuk berorganisasi menjadi sesuatu kemewahan yang luar biasa.

Tetapi kebutuhan organisasi waktu itu membuat saya memberanikan diri. Saya juga ingin memberikan contoh bahwa semua orang bisa berkontribusi di Ikastara. Caranya adalah dengan membuat organisasi ini bergerak lepas sesuai dengan energi alaminya.

Visi saya saat itu sederhana saja, yaitu bagaimana membuat kita, anggota Ikastara, dapat menjadi “The Best Version of Ourselves”.

Pengejawantahannya adalah dengan melakukan berbagai kegiatan yang dapat memperkuat Fisik (healthy), Keuangan (wealthy), dan Mental (wise), serta Kekeluargaan (family) para anggotanya. Tidak lupa pula kita harus tetap memperhatikan almamater dan masyarakat sekitarnya.

Alhamdulillah, dalam tiga tahun ini ada beberapa hal yang berhasil kita raih bersama-sama.

Kita berhasil mengumpulkan dan menyalurkan rata-rata 21 beasiswa per tahun (sebelumnya rata-rata 3 orang per tahun) dan menjadi mitra SMA TN dalam pengasuhan.

Kita juga berhasil membuat kegiatan Bulan Sehat Ikastara yang diikuti rata-rata 2.400 alumni per tahun di seluruh dunia. Sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dan kebanggaan terbesar saya adalah pada tahun 2017 ketika ada empat alumni terbaik bersedia maju menjadi Calon Ketua Umum. Pemilihan pun berlangsung dengan demokratis, penuh semangat kekeluargaan dan meriah (diikuti 2.700 orang, naik dari 1.000 orang pada pemilihan tiga tahun yang lalu).

Semua ini tentu adalah hasil kerja keras kita semua.

Terima kasih kepada Ketua-Ketua Ikastara yang sesungguhnya: Bang David Ratadhi,  Dani M. AkhyarHerzaky Mahendra Putra dan juga seluruh jajaran PP Ikastara yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran, dana, dan perasaannya tanpa pamrih.

Terima kasih juga kepada seluruh anggota Ikastara yang mewujudkan ini semua. Ikastara hanya bisa berjalan dengan baik jika anggotanya berpartisipasi aktif seperti yang saya saksikan dalam tiga tahun ini.

Dalam Munas VIII yang lalu, saya akhirnya telah mengembalikan mandat sebagai Ketua Umum Ikastara 2014-2017 dan kembali menjadi anggota biasa.

Selamat bekerja saya sampaikan kepada tim PP Ikastara yang baru khususnya kepada Bang David Ratadhi, yang selama ini telah bertindak selaku motor dan mentor kami. Semoga sukses mengemban amanah mulia ini.

Jayalah selalu Ikastara!

M Rachmat Kaimuddin
94.1040